DUNIA WISATA INDONESIA

zwani.com myspace graphic comments

 

Indonesia adalah surga wisata dunia yang patut dikunjungi. Di Indonesia kita dapat menikmati berbagai macam wisata alternatif mulai dari wisata alam , wisata bangunan bersejarah dan museum, wisata bangunan monumental, wisata hiburan ,wisata keraton / istana dan candi, wisata belanja , wisata budaya , wisata religi  , hingga wisata kuliner  tersedia lengkap di Indonesia.

mari kita lihat objek objek wisata menarik yang ada di Indonesia.

A .     WISATA ALAM

Ada banyak sekali objek – objek wisata alam yamg dapat kita kunjungi dan nikmati di Indonesia, dan berikut ini dalah diantaranya.

1. PULAU BALI

Pulau bali adalah salah satu pulau tujuan wisata utama di Indonesia sekaligus dunia, karena keindahan alamnya yang amat luar biasa pulau bali dinobatkan sebagai salah sati ikon wisata dunia. Bahkan salah satu media cetak terkemuka di Amerika Serikat menyatakan bahwa pulau bali adalah pulau terindah di dunia.

selain keindahan alamnya yang luar biasa, bali juga memiliki kebudayaan yang amat mempesona dan unik.

2. PULAU LOMBOK

Pulau lombok adalah pulau kecil nan eksotis yang terletak di provinsi nusa tenggara barat. seperti halnya bali lombok juga memiliki pesona alam yang sangat mempesona. karena keindahanya yang menakjubkan pulau lombok juga telah dinobatkan sebagai salah satu pulau tujuan wisata utama di Indonesia bahkan dunia, dan kini pulau lombok telah menjadi tempat wisata yang paling diidamkan para wisatawan ketika berkunjung di Indonesia.

3. KEPULAUAN RAJA AMPAT

Kepulauan raja ampat adalah sutua gugusan pulau yang terletak di provinsi papua barat tepatnya di lokasi  kepala burung pulau papua. kepulauan raja ampat memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan mempesona terutama keindahan alam bawah lautnya yang tiada duanya di dunia.

kepulauan raja ampat memiliki tujuh lima persen janis karang dari seluruh dunia dan hampir seluruh jenis ikan terdapat di raja ampat, dan ini menjadikannya sebagai tempat penyelaman paling indah didunia sekaligus tempat penyelaman yang memiliki jenis biota laut terlengkap didunia.

para penyelam dari seluruh dunia sangat mengidam idamkan dapat melihat keindahan bawah laut raja ampat, bahkan para penyelam menyebut bahwa taman laut raja ampat adalah peninggalan satu – satunya kerajaan taman bawah laut yang tersisa didunia dari segi kelengkapan biotanya.

B.     WISATA BANGUNAN BERSEJARAH DAN MUSEUM

Banyak sekali peninggalan bangunan bersejarah dan museum yang tersebar di Indonesia dan berikut ini adalah beberapa diantaranya

1. MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Museum Nasional Republik Indonesia adalah salah satu wujud pengaruh Eropa, terutama semangat Abad Pencerahan, yang muncul pada sekitar abad 18. Ia dibangun pada tahun 1862 oleh Pemerintah Belanda di bawah Gubernur-Jendral Reinier de Klerk sebagai respons adanya perhimpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang bertujuan menelaah riset-riset ilmiah di Hindia Belanda. Museum ini diresmikan pada tahun 1868, tapi secara institusi tahun lahir Museum ini adalah 1778, saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh pemerintah Belanda.

Museum Nasional dikenal sebagai Museum gajah sejak dihadiahkannya patung gajah oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Tetapi pada 28 Mei 1979, namanya resmi menjadi Museum Nasional Republik Indonesia. Kemudian pada 17 Februari 1962, Lembaga Kebudayaan Indonesia yang mengelolanya, menyerahkan Museum kepada pemerintah Republik Indonesia. Sejak itu pengelolaan museum resmi oleh Direktorat Jendral Sejarah dan Arkeologi, di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi mulai tahun 2005, Museum Nasional berada di bawah pengelolaan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Catatan di website Museum Nasional Republik Indonesia pada tahun 2001 menunjukkan bahwa koleksinya telah mencapai 109.342 buah. Jumlah koleksi itulah yang membuat museum ini dikenal sebagai yang terlengkap di Indonesia. Pada tahun 2006 jumlah koleksinya sudah melebihi 140.000 buah, tapi baru sepertiganya saja yang dapat diperlihatkan kepada khalayak.

2. MUSEUM MONUMEN JOGJA KEMBALI

Monumen Yogya Kembali adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang terletak di kota Yogyakarta. Monumen Yogya Kembali terletak di Ringroad Utara, dusun Jongkang, desa Sariharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2).

Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Gagasan untuk mendirikan monumen ini dilontarkan oleh kolonel Soegiarto, selaku walikotamadya Yogyakarta pada tahun 1983. Nama Yogya Kembali dipilih dengan maksud sebagai tetenger (peringatan) dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada waktu itu, tanggal 29 Juni 1949. Hal ini merupakan tanda awal bebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan pemerintahan Belanda.

3. GEDUNG SATE

Gedung Sate dibangun pada tahun 1920 – 1924 di Wihelmina Boulevard (sekarang Jalan Diponegoro); peletakan batu pertama oleh Nona Johana Caaatherine Coops, putrid sulung Walikota Bandung B. Coops. dan Nona Petronella Roelofsen yang mewakili Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Batavia.

Gedung Sate merupakan karya monumental dari arsitek Ir. Gerber. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan langgam arsitektur tradisional Indonesia dan teknik konstruksi Barat, sehingga disebut Indo Eropeesche ArchitectuurStijln. Arsitektur Gedung Sate merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Italia dan Moor dari zaman Renaissance dengan gaya arsitektur Hindu dan Islam. Ornamen berciri tradisional seperti pada candi Hindu terdapat dibagian bawah dinding gedung, sedangkan pada bagian tengahnya ditempatkan menara beratap tumpak seperti meru di Bali, sesuatu yang lazim pada gaya arsitektur Islam.

Ornamen enam tiang dengan bulatan berbetuk mirip tusuk sate ditempatkan pada puncak atap tumpak, sebagai lambing biaya pembangunan Gedung Sate sebesar 6.000.000 Gulden.

Tempo Doeloe gedung ini disebut Gouvernements Bedrijven (GB). Gedung ini kemudian disebut Gedung Sate berdasarkan bentuk ornament pada puncak atap tumpak tersebut. Gedung Sate sekarang menjadi Kantro Gubernur Jawa Barat.

Pemberian teritis (overstek) yang lebar dan selasar  pada lantai dasar sangat disesuaikan dengan iklim tropis, agar sirkulasi udara dan sinar matahari dapat masuk ke dalam bangunan dengan baik.

Atap meru (atap tumpak) pada bangunan utama merupakan vocal point bangunan ini. Rancangan atap itu merupakan upaya memasukan unsure local pada  desain bangunan. Wajah bangunan lebih didominasi dengan rincian (detail) arsitektur Barat seperti lengkung pada jendela dan tiang kecil yang memakai order klasik.

4. ISTANA BOGOR

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan ini dikarenakan aspek historis, kebudayaan dan faunayang menonjol. Salah satunya adalah adanya rusa – rusanya yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang. Saat ini sudah menjadi trend warga Bogor dan sekitarnya setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya berjalan- jalan diseputaran Istana Bogor sambil memberi makan rusa- rusa indah yang hidup di halaman Istana Bogor dengan wortel yang diperoleh dari petani- petani tradisional warga Bogor yang selalu siap sedia menjajakan wortel- wortel tersebut setiap hari libur. Seperti namanya, istana ini terletak di Bogor, Jawa Barat.Walaupun berbagai kegiatan kenegaraan sudah tidak dilakukan lagi, khalayak umum diperbolehkan mengunjungi secara rombongan, dengan sebelumnya meminta izin ke Sekretaris Negara, c.q. Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

Istana Bogor dahulu bernama Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti “tanpa kekhawatiran”.

Sejak tahun 1870 hingga 1942, Istana Bogor merupakan tempat kediaman resmi dari 38 Gubernur Jenderal Belanda dan satu orang Gubernur Jenderal Inggris.

Pada tahun 1744 Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff terkesima akan kedamaian sebuah kampung kecil di Bogor (Kampung Baru), sebuah wilayah bekas Kerajaan Pajajaranyang terletak di hulu Batavia. Van Imhoff mempunyai rencana membangun wilayah tersebut sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal.

Istana Bogor dibangun pada bulan Agustus 1744dan berbentuk tingkat tiga, pada awalnya merupakan sebuah rumah peristirahatan, ia sendiri yang membuat sketsa dan membangunnya dari tahun 1745-1750, mencontoh arsitektur Blehheim Palace, kediaman Duke Malborough, dekat kota Oxford di Inggris. Berangsur angsur, seiring dengan waktu perubahan-perubahan kepada bangunan awal dilakukan selama masa Gubernur Jenderal Belanda maupun Inggris (Herman Willem Daendels dan Sir Stamford Raffles), bentuk bangunan Istana Bogor telah mengalami berbagai perubahan. sehingga yang tadinya merupakan rumah peristirahatan berubah menjadi bangunan istana paladian dengan luas halamannya mencapai 28,4 hektar dan luas bangunan 14.892 m².

Namun, musibah datang pada tanggal 10 Oktober 1834 gempa bumi mengguncang akibat meletusnya Gunung Salak sehingga istana tersebut rusak berat. Pada tahun 1850, Istana Bogor dibangun kembali, tetapi tidak bertingkat lagi karena disesuaikan dengan situasi daerah yang sering gempa itu. Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Albertus Jacob Duijmayer van Twist (1851-1856) bangunan lama sisa gempa itu dirubuhkan dan dibangun dengan mengambil arsitektur Eropa abad ke-19.

Pada tahun 1870, Istana Buitenzorg dijadikan tempat kediaman resmi dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Penghuni terakhir Istana Buitenzorg itu adalah Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborg Stachourwer yang terpaksa harus menyerahkan istana ini kepada Jenderal Imamura, pemeritah pendudukan Jepang. Pada tahun 1950, setelah masa kemerdekaan, Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia, dan resmi menjadi salah satu dari Istana Presiden Indonesia.

5. BENTENG FORT ROTTERDAM

Benteng Fort Rotterdam adalah salah satu benteng peninggalan Belanda. Di dalam benteng Rotterdam terdapat penjara bawah tanah dimana Pangeran Diponegoro pernah dihukum mati. Didekat pintu masuk benteng terdapat patung mantan Raja Gowa yang bernama Sultan Hasanuddin.

C.     WISATA BANGUNAN MONUMENTAL

Banyak sekali bangunan monumental yang menyimpan nilai sejarah dan seni yang tinggi yang tersebar di Indonesia dan berikut adalah diantaranya

1. MONUMEN NASIONAL ( MONAS )

Monumen nasional lebih dikenal dengan nama Monas, sebuah landmark Indonesia. Salah satu tujuan wisata bagi pelancong dalam maupun luar negeri, yang memiliki fenomena menarik. Bagi pelancong dalam negeri, karena didalam Monas, kita bisa mendengar pidato Soekarno dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia serta melihat diorama peperangan kemerdekaan.

Tugu dengan puncak seperti lidah api berlapis emas itu dibangun pada th 1959, diresmikan pada 17 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah, dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Monas dirancang oleh Arsitek F Silaban dan Soedarsono dan Konsultan Rooseno.

Nyala api di puncak yang berdiameter 6 meter dibuat dari perunggu berberat 14,5 ton, dilapisi emas yang didatangkan dari Cikotok seberat 35 kg. Lidah api itu melambangkan semangat yang tak pernah padam melawan penjajah. Cawan pelataran di puncak bawah lidah api, berjarak 17 meter, berukuran 11×11 meter, mampu memuat 50 orang.

Di bagian bawah terdapat cawan yang tingginya 17 meter diukur dari lantai dasar dan 8 meter dari lantai museum. Ukuran cawan 45×45 meter. Ini dimaksudkan sebagai catatan hari kemerdekaan, 17-8-45.

Monas dibangun di kawasan seluas 80 hektare di Merdeka Square. Di sebelah utara dibatasi oleh Jl Medan Merdeka Utara, di sebelah timur oleh Jl Medan Merdeka Timur, di selatan oleh Jl Medan Merdeka Selatan, di barat oleh Jl Medan Merdeka Barat. Di sini banyak kantor pemerintah.

Di bagian utara ada Taman Merdeka, di situ ditempatkan patung perunggu Pangeran Diponegoro menaiki kuda. patung ini karya pematung Italia, Coberlato. Dari sini, pengunjung bisa menjangkau dasar Monas.

Taman di sekitar Monas kini disebut sebagai Taman Monas. Pernah disebut sebagai Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, kemudian Taman Monas. Di Merdeka Square ini, banyak orang bisa berkumpul, untuk tujuan rekreasi ataupun tujuan politik. Di Jl Medan Merdeka Utara ada kantor Presiden dan Wakil Presiden, kantor mahkamah Agung.

Lapangan Monas mengalami lima kali penggantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas. Di sekeliling tugu terdapat taman, dua buah kolam dan beberapa lapangan terbuka tempat berolahraga. Pada hari-hari libur, Minggu atau libur sekolah banyak masyarakat yang berkunjung ke sini.

Di ruang museum terdapat diorama peradaban bangsa Indonesia. Ada diorama yang menceritakan zaman megalitikum, zaman kerajaan Sriwijaya, zaman Raja Samaratungga yang membangun Candi Borobudur, zaman Raja Airlangga yang membangun tanggul untuk mencegah banjir, zaman Singasari yang menahan serbuan tentara Kubilai Khan. Ada pula replika naskah proklamasi dari emas. Di sini pula diperdengarkan rekaman suara Sukarno saat membaca teks proklamasi.

2. MONUMEN GARUDA WISNU KENCANA

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di bukit unggasan jimbaran, bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, i nyoman nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan indonesia.

Patung tersebut berwujud dewa wisnu yang dalam agama hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat darikuta, sanur, nusa dua. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar dan tertinggi di dunia dan mengalahkan patung leberty .

D.     WISATA HIBURAN

Banyak sekali tempat tempat wisata yang menghibur dan tersbar di Indonesia dan berikut diantaranya

1. TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL

Ancol merupakan obyek wisata yang sangat menarik dan merupakan tujuan utama para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Obyek wisata yang ada dalam kawasan ancol adalah dufan, atlantis, gelanggang samudera, sea world, pasar seni, kereta gantung gondola, hailai mercure, padang golf ancol, ice world, pulau bidadari, pantai carnaval, marina, pantai festival, taman pantai.

1.1 DUNIA FANTASI ( DUFAN )

Dufan merupakan salah satu theme park yang ada di indonesia dan merupakan yang terbesar di indonesia sekaligus asia tenggara.  Jika kita berkunjung ke dufan, kita dapat menikmati berbagai permainan yang sangat menarik untuk dinikmati salah satunya adalah hysteria, tornado dan masih banyak lagi.

1.2 SEA WORLD

Sea world merupakan taman aquarium terbesar dan terlengkap di indonesia dan merupakan salah satu objek wisata tervaforit di taman impian jaya ancol. sea world memiliki ratusan jenis ikanb dari seluruh dunia dan fasilitas lain yang menunjang bagi para pengunjung.

1.3 ATLANTIS

Atlantis merupakan salah satu taman wisata air terbesar di indonesia dan merupakan salah satu objek tervaforit diancol. jika kita berkunjung kesana kita dapat menikmati hiburan air yang spektakuler.

4. GELANGGANG SAMUDERA

Ingin mengajak liburan anak-anak di akhir pekan ini? Cobalah untuk mengunjungi Gelanggang Samudra yang ada di kawasan Ancol. Di sini Anda bersama anak-anak dapat menyaksikan berbagai tingkah lucu satwa yang sudah terlatih. Hewan darat seperti berang-berang, beruang madu dan kuda nil serta hewan laut seperti singa laut, lumba-lumba dan paus putih siap menghibur anak-anak Anda dengan berbagai atraksi yang menarik. Ditambah dengan menonton pertunjukan 4 dimensi dapat menjadikan pengalaman tersendiri untuk Anda dan anak Anda.

2. TRANS STUDIO WORLD MAKASSAR

Trans studio world makassar merupakan theme park indoor yang berada di kota makassar sulawesi selatan dan merupakan theme park indoor terbesar dan terlengkap di indonesia sekaligus dunia, yang mempunyai 21 wahana yang dibagi dalam 4 kawasan yaitu

Studio Central

The Famous Hollywood! Kawasan Hollywood didepan mata anda. Berjalanlah menyusuri Kawasan ini dan liat siapa artis yang ada di Walk of Fame ? . Anda akan dimanjakan oleh arsitektur-arsitektur Hollywood bergaya 60-an. Anda seolah melangkah di pusat negeri hiburan. Temukan juga Bintang

favorit mu seperti Marlyn Monroe .

Lost City

Siapkan diri anda untuk berpetualang! Di kawasan ini anda akan menempuh perjalanan yang hebat. Selamatkan Kru Trans TV dalam ekspedisinya, masuki hutan rimba dalam safari track.Semua petualangan menarik akan menjadi bagian dari penjelajahan anda.Explore the Lost City!

Cartoon City

It`s a Cartoon World! Dunia kartun yang penuh warna – warni dan siapkan kamera anda mengabadikan momen berada di dunia penuh tawa. Dunia kartun yang memikat dan membuaikan imajinasi anda berkelana bertemu dengan karakter – karakter favorite anda

Magic Corner

Keajaiban bermula dari sini. Sentuhan Magis yang akan mempesonakan perjalanan anda. Anda akan hanyut dalam sensasi yang ada di sini. Perjalanan yang akan menyihir anda membuat anda begitu yakin apa yang ada didepan mata. Satu –satunya tempat penuh keajaiban,petualangan yang menggembirakan dan menakjubkan.

3. TAMAN WISATA MEKARSARI

Mekarsari yang terletak di kecamatan Cileungsi – Bogor terkenal dengan taman wisata mekarsari nya. Taman wisata yang dulunya bernama taman buah merkarsari ini merupakan taman eksotis yang mengkoleksi beragam jenis tanaman buah-buahan dari berbagai daerah di Indonesia.

Letak taman wisata ini berada di jalan yang sangat strategis yakni berada di Jl Raya Cileungsi – Jonggol kabupaten bogor. Dari Jakarta hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih satu jam, mengarah ke toll bogor kemudian keluar di exit toll cibubur dan menelusuri lurus jalan transyogi.

PT Mekar Unggul Sari, selaku pengelola Taman Wisata Mekarsari mempunyai beragam program wisata yang menarik dan komplit diarea taman hayati yang luasnya mencapai 264hektar.

Bilamana anda berkeliling area taman buah ini menggunakan kereta yang tersedia, maka anda akan menyaksikan koleksi tanaman yang ada dan menyaksikan berbagai obyek menarik seperti areal pembibitan, persemaian, wahana outbound, kolam pemancingan, tanaman buah dalam pot, kebun melon, kebun rambutan, kebun nangka, kebun belimbing dan sebagainya.

Berkeliling sampai puas menggunakan kereta wisata ditempat ini adalah sangat nyaman menikmati pemandangan kebun yang ada. Setelah puas, kita bisa beristirahat sejenak di bangunan air terjun yang cukup unik bila dilihat dari luar karena air mengalir dari atas gedung ke bawah seperti air terjun.

3. BALI BIRD PARK

Bali Bird Park merupakan taman burung terbesar dan terbaik yang ada di Indonesia, berisi hampir 1000 jenis burung dari 250 spesies yang berbeda, yang berasal dari Indonesia, Afrika, dan Amerika.

Begitu banyak jenisnya, mulai dari Scarlet Macaw (kakak tua berwarna – warni) dan Nuri yang cukup dikenal, sampai elang berkepala putih, Flaminggo, White Swan, Chattering Lorri, Black Palm Cockatoo, dan banyak jenis burung yang menarik.

Yang paling menyenangkan adalah, ada banyak burung yang dilepas begitu saja, meski sebagian besar dikandangi. Begitu masuk kita akan disambut dengan kakak tua berwarna – warni dan nuri yang terbang bebas. Kita juga bisa memotret merak putih dan merak hijau dari dekat. Jadi terasa betul – betul berbaur dengan alam.

4. TAMAN SAFARI INDONESIA

Taman Safari Indonesia (TSI) belokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, merupakan wahana rekreasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyak obyek menarik yang terdapat di kawasan yang banyak mengkoleksi beragam jenis binatang ini, di antaranya, safari park, taman burung, animal education show, prmates & reptiles, babby zoo, kincir raksasa, gajah dan kuda tunggang, safari trek, caravan & hotel dan wild-wild west.

Untuk wahana yang disebut terakhir ini, merupakan wahana yang menarik untuk di saksikan. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi, dengan atraksi koboi yang memukau. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari, selama lebih kurang 15 menit. Selain wahana tersebut, ada lagi wahana menarik lainnya, seperti di baby zoo, di wahana ini Anda bisa berfoto bersama dengan harimau putih, macan tutul, orang utan dan lain-lain.

Baru-baru ini TSI meluncurkan wahana dan program baru, yaitu Elephant Adventure. Program tersebut mengajak para pengunjung dengan menunggang di atas punggung gajah mengelilingi kawasan TSI selama hampir satu jam dengan tarif perorang hanya 50 ribu sekali jalan. Setiap ekor gajah didampingi oleh pawangnya dan bisa ditumpangi empat orang dewasa.

Gajah tersebut akan melewati jalan yang berumput, dan melewati arus air sehingga pengunjung benar-benar bisa menikmati panorama alam yang ada di TSI.

5. TAMAN MINI INDONESIA INDAH ( TMII )

Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) merupakan tempat rekreasi yang sangat populer dan akrab bagi warga kota Jakarta serta kota-kota lain di Indonesia, bahkan mancanegara. Konsepnya menyajikan wahana dan fasilitas secara rekreatif, informatif, edukatif, komunikatif, dan atraktif (RIEKA).

Miniatur Indonesia secara lengkap, baik bentang darat, kekayaan alam, aneka warna seni dan budaya daerah, maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbagai bentuk seni dan budaya masa kini tersajikan di sini. Paparannya diwujudkan dalam bentuk Miniatur Arsipel Indonesia yang merupakan danau buatan dengan tiruan kepulauan Indonesia berikut penampang daratnya beserta anjungan-anjungan daerah. Tiap anjungan tersebut menampilkan rumah adat bercorak arsitektur tradisional berikut penyajian benda-benda budaya, pentas seni, upacara adat, keragaman kuliner, dan berbagai seluk beluk yang berkait dengan daerah bersangkutan, yang secara nyata menunjukkan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Indonesia.

Selain anjungan daerah, berderet museum-museum yang memamerkan bukan hanya koleksi sejarah, budaya, serta teknologi masa lalu dan masa kini melainkan juga menciptakan dialog dengan pengunjung melalui berbagai peragaan yang—pada gilirannya—menjadi tonggak penciptaan di masa depan. Penampilan 15 museum, antara lain Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Migas, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, merupakan sumber informasi tiada batas.

Wahana rekreasi berupa 11 unit taman, antara lain Taman Burung, Taman Akuarium Air Tawar, dan Taman Bunga Keong Emas; berbagai wahana inovatif, seperti Istana Anak Anak Indonesia, Teater Imax Keong Emas, Teater 4D’Motion, Kereta Gantung (skylift), “monorel” Aeromovel; serta Taman Budaya Tionghoa Indonesia dan TMII Waterpark yang kini sedang dibangun, juga menawarkan nuansa yang menarik.

Berbagai jenis wahana dan fasilitas tersebut semuanya mempunyai dimensi rekreasi, pendidikan, pelestarian, sekaligus pemerkayaan cakrawala pengetahuan dan pewarisan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda.

E.     WISATA KERATON / ISTANA DAN CANDI

Banyak sekali bangunan bersejarah berupa keraton atau istana dan candi yang tersebar di Indonesia dan berikut adalah diantaranya

1. KERATON YOGJAKARTA

KRATON Yogyakarta dibangun tahun 1756 Masehi atau tahun Jawa 1682 oleh Pangeran Mangkubumi Sukowati yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I. Setelah melalui perjuangan panjang antara 1747-1755 yang berakhir dengan Perjanjian Gianti.

Sebelum menempati Kraton Yogyakarta yang ada saat ini, Sri Sultan Hamengku Buwono I atau Sri Sultan Hemengku Buwono Senopati Ingalogo Ngabdulrahman Sayidin Panotogomo Kalifatullah tinggal di Ambar Ketawang Gamping, Sleman. Lima kilometer di sebelah barat Kraton Yogyakarta.

Dari Ambar Ketawang Ngarso Dalem menentukan ibukota Kerajaan Mataram di Desa Pacetokan. Sebuah wilayah yang diapit dua sungai yaitu sungai Winongo dan Code. Lokasi ini berada dalam satu garis imajiner Laut Selatan, Krapyak, Kraton, dan Gunung Merapi.

Bangunan Kraton Yogyakarta sedikitnya terdiri tujuh bangsal. Masing-masing bangsal dibatasi dengan regol atau pintu masuk. Keenam regol adalah Regol Brojonolo, Sri Manganti, Danapratopo, Kemagangan, Gadungmlati, dan Kemandungan.

Kraton diapit dua alun-alun yaitu Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Masing-masing alun-alun berukurang kurang lebih 100×100 meter. Sedangkan secara keseluruhan Kraton Yogyakarta berdiri di atas tanah 1,5 km persegi.

Bangunan inti kraton dibentengi dengan tembok ganda setinggi 3,5 meter berbentuk bujur sangkar (1.000 x 1.000 meter). Sehingga untuk memasukinya harus melewati pintu gerbang yang disebut plengkung. Ada lima pintu gerbang yaitu Plengkung Tarunasura atau Plengkung Wijilan di sebelah Timur Laut kraton. Plengkung Jogosuro atau Plengkung Ngasem di sebelah Barat Daya. Plengkung Joyoboyo atau Plengkung Tamansari di sebelah Barat. Plengkung Nirboyo atau Plengkung Gading di sebelah Selatan. Plengkung Tambakboyo atau Plengkung Gondomanan di sebelah Timur.

Dalam benteng, khususnya yang berada di sebelah selatan dilengkapi jalan kecil yang berfungsi untuk mobilisasi prajurit dan persenjataan. Keempat sudut benteng dibuat bastion yang dilengkapi dengan lubang kecil yang berfungsi untuk mengintai musuh.

Penjaga benteng diserahkan pada prajurit kraton di antaranya, Prajurit Jogokaryo, Prajurit Mantrijero, dan Prajurit Bugis. Prajurit Jogokaryo mempunyai bendera Papasan dan tinggal di Kampung Jogokaryan. Prajurit Mantrijero dilengkapi dengan Bendera Kesatuan Purnomosidi dan tinggal di Kampung Mantrijeron. Prajurit Bugis yang berbendera Kesatuan Wulandari tinggal di Kampung Bugisan.

2. KERATON SURAKARTA

Keraton Surakarta atau dalam bahasa Jawa disebut Karaton Surakarta Hadiningrat, merupakan bekas Istana Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1755-1946). Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Istana terakhir Kerajaan Mataram didirikan di desa Sala (Solo), sebuah pelabuhan kecil di tepi barat Bengawan (sungai) Beton/Sala. Setelah resmi istana Kerajaan Mataram selesai dibangun, nama desa itu diubah menjadi Surakarta Hadiningrat. Istana ini pula menjadi saksi bisu penyerahan kedaulatan Kerajaan Mataram oleh Sunan PB II kepada VOC di tahun 1749. Setelah Perjanjian Giyanti tahun 1755, keraton ini kemudian dijadikan istana resmi bagi Kasunanan Surakarta sampai dengan tahun 1946, ketika Pemerintah Indonesia secara resmi menghapus Kasunanan Surakarta dan menjadikannya sebuah karesidenan langsung di bawah Presiden Indonesia.

3. ISTANA RAJA MAIMUN

Istana raja maimun merupakan istana kerajaan melayu yang terletak di kota medan sumatera utara yang masih memegang teguh adat dan istiadat melayu yang sangat kental dan masih terjaga kelestariannya. jika kita berkunjung kesana kita dapat melihat benda benda pninggalan sejarah masa lalu kerajaan yang sangat menarik.

4. BALAI KERTAGOSA

Kerta Gosa berarti tempat permbahasan segala sesuatu yang bertalian dengan situasi keamanan, kemakmuran serta keadilan wilayah kerajaan Bali. Siapa yang mempunyai ide serta pendiri dari pada Kertha Gosa tidaklah jelas. Namun menurut Chandra Sengkala yang terpahat pintu utama Puri Kertha Gosa sudah ada pada tahun Caka Cakra YuyuPaksi-paksi yang masing-masing bernilai 1,6,2,2. Jadi tahun 1622 Caka atau 1700 Masehi ketika I Dewa Agung Jambe sedang memerintah Klungkung

Semasa kerajaan, balai Kertha Gosa ini setiap tahun sekali tiap-tiap hari Purnama Kapat adalah sebagai tempat sidangnya raja-raja bawahan di seluruh Bali. Di sinilah Raja tertinggi memberikan pengarahan serta keputusan-keputusannya berdasarkan pertimbangan keadaan dan kebutuhan. Setiap bulan setiap hari Budha (Rabu) Kliwon, Raja mengadakan rapat dengan para pembantu setempat di lingkungan Klungkung guna keperluan serupa. Selain dari pada tersebut diatas setiap harinya balai ini digunakan sebagai tempat bersantap bagi para pendeta istana dan para pendeta lainnya yang pada saat itu sedang menghadap raja. Demikian juga datangnya bangsawan asing seperti Belanda, Inggris, Portugis dan Cina.

Setelah keraton jatuh akibat perang Puputan melawan Belanda pada tanggal 28 April 1908, maka fungsi dan kegunaan balai ini menjadi lain. Sejak saat itulah hingga berakhirnya pemerintahan Belanda, balai Kertha Gosa menjadi balai pengadilan adat, dimana setiap orang yang memiliki perkara apappun bentuknya yang menyangkut pertikaian berkenaan dengan adat dan agama disidangkan dan diputuskan di sini.

Pada balai ini terdapat sebuah meja berukir keemasan dan enam buah kursi. Pada kursi yang lengannya bertanda singa adalah tempat duduknya raja yang bertindak selaku hakim ketua. Kursi yang berlengan lembu, adalah tempat duduknya pendeta sebagai ahli hukum serta penasehat raja didalam mengambil keputusan. Dan kursi yang melambangkan naga adalah tempat duduknya para kanca sebagai panitera sedangkan orang-orang yang hendak diadili baik sebagai tergugat maupun penggugat duduk di lantai bersila dalam laku dan sikap yang santun.

Di samping raja, kontrolir (pejabat tinggi setempat pemerintahan Belanda) kadang-kadang ikut serta juga hadir dalam persidangan tersebut sebagai orang yang paling menentukan bila sesuatu perkara dianggap khusus.Di balai Kerta Gosa terdapat 5 buah patung, 3 buah adlaah buatan pemahat cina dan 2 buah lagi adalah buatan pematung setempat yang bernama Pedanda Gede Kreta.

Yang menjadi daya tarik dari balai Kerta Gosa ini adalah di langit-langit bangunan terdapat lukisan-lukisan wayang yang memiliki cerita tentang kehidupan sehari-hari, karma phala, ramalan gempa dan filsafat hidup. Di samping balai Kerta Gosa terdapat banguan yang dikelilingi oleh kolam bernama Taman Gili.

4. KERATON KASEPUHAN CIREBON

Keraton Kasepuhan didirikan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati) yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1506, beliau bersemayam di dalem Agung Pakungwati Cirebon.Keraton Kasepuhan dulunya bernama Keraton Pakungwati, sedangkan Pangeran Mas Mochammad Arifin bergelar Panembahan Pakungwati I. Dan sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Putri itu cantik rupawan berbudi luhur dan bertubuh kokoh serta dapat mendampingi suami, baik dalam bidang Islamiyah, pembina negara maupun sebagai pengayom yang menyayangi rakyatnya.

Ahkirnya beliau pada tahun 1549 wafat dalam Mesjid Agung Sang Cipta Rasa dalam usia yang sangat tua, dari pengorbanan tersebut akhirnya nama beliau diabadikan dan dimulyakan oleh nasab Sunan Gunung Jati sebagai nama Keraton yaitu Keraton Pakungwati yang sekarang bernama Keraton Kasepuhan.

5. CANDI RATU BOKO

Salah satu peninggalan zaman purbakala yang sangat misterius adalah Istana Ratu Boko atau Candi Ratu Boko. Candi yang satu ini terletak di sebuah bukit, sekitar 3 km dari Candi Prambanan, dan 19 km dari kota Yogyakarta Luasnya kurang lebih 16 ha, yang mencakup dua desa di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dawung dan Sambirejo.

Cobalah anda datang pada saat matahari terbit, atau menjelang matahari terbenam, sangat fantastis!! Dari komplek Candi Ratu Boko, anda akan bisa melihat dengan jelas, betapa indahnya bola bulat berwarna keemasan mengambang persis di gapura candi ini, dan perlahan-lahan tenggelam. Begitu juga di pagi hari, ketika matahari akan terbit.

Ratu Boko kemungkinan dibangun sekitar abad 9 M oleh Dinasti Syailendra, yang kelak mengambil alih Mataram Hindu. Sebagai sebuah monumen peninggalan zaman dahulu, Ratu Boko masih menyimpan misteri. Atribut-atribut yang terdapat di sini memang mengacu pada sebuah wilayah perkampungan. Tapi tetap saja para ahli masih sulit mengindentifikasikan, apakah ia merupakan taman kerajaan, istana, benteng, atau candi.

6. CANDI BANYUNIBO

Candi Banyunibo (yang berarti air jatuh-menetes dalam bahasa jawa) adalah candi budha yang berada tidak jauh dari candi ratu boko, yaitu di bagian sebelah timur dari kota yogyakarta ke arah kota wonosari. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 pada saat zaman kerajaan mataram kuno. Pada bagian atas candi ini terdapat sebuah stupa yang merupakan ciri khas agama Buddha.

Keadaan dari candi ini terlihat masih cukup kokoh dan utuh dengan ukiran relief kala-makara dan bentuk relief lainnya yang masih nampak sangat jelas. Candi yang mempunyai bagian ruangan tengah ini pertama kali ditemukan dan diperbaiki kembali pada tahun 1940-an, dan sekarang berada di tengah wilayah persawahan.

F.     WISATA BELANJA

Indonesia adalah salah satu negara yang merupakan surga belanja jadi tidak salah jika banyak ditemui pusat pusat perbelanjaan yang siap memanjakan para pengunjungnya dan berikut adalah diantaranya

1. MALL OF INDONESIA

Mall of indonesia adalah sebuah pusat perbelanjaan  yang terletak di area kelapa gading square , berada di jalan kelapa gading barat jakarta utara. mall ini merupakan salah satu mall terlengkap dan terspektakuler di indonesia, mall ini mengambil konsep yang sangat menarik yaitu mall yang mempunyai theme park didalamnya. mall of indonesia tel;ah menjadi surga belanja yang difaforitkan oleh warga jakarta dan sekitarnya.

2. PACIFIC PLACE JAKARTA

Pacific Place Jakarta adalah sebuah mal perbelanjaan yang terletak di Sudirman Central Business District, jakarta selatan. mall ini merupakan mall yang menjadi salah satu  landmark kota jakarta. mall ini merupakan pusat perbelanjaan yang sangat lengkap tidak hanya pusat belanja namun juga sarana hiburan yang mengasikkan.

3. TRANS STUDIO MALL

Trans studio mall   ini memiliki konsep thematic international lifestyle dan family entertainment mall.

Dari area depan hingga belakang mall, seluruhnya memiliki area tempat hiburan. Dari depan, pengunjung disajikan dengan tema air mancur bernyanyi yang memperlihatkan gerakan air mengikuti sesuai ritme musik.

Di area lobby utama mall, disajikan hiasan interior kupu-kupu yang diilhami dari tempat wisata Bantimurung dan juga konsep dari mall di Las Vegas.

Di bagian tengah area lower ground terdapat replika perahu untuk menggambarkan ciri dari orang Bugis makassar sebagai pelaut handal.

Selain itu, pada bagian plafon dihiasi dengan ribuan lampu yang menyala secara bergantian. Mall ini baru akan diisi sekitar 65 persen dari jumlah tenan yang ada akan mengisi Trans Studio Mall, antara lain Metro Departemen Store, Andrew Shoes, EVB, Levi’s, Hush Puppies, Mango, Aigner, Francesco Biasia, dan puluhan tenan lainnya.

4. BLOK  B TANAH ABANG

Blok  B tanah abang adalah kawasan grosir terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara yang berada di jakarta pusat , kawasan ini telah menjadi surga belanja bagi warga jakarta dan indonesia bahkan mancanegara. Semua kebutuhan belanja tersedia lengkap disini, ratusan kios dan grosir siap menunggu kedatangan anda.

G.     WISATA BUDAYA

1. TANA TORAJA


Tana Toraja merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia, dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Daerah ini merupakan salah satu obyek wisata di Sulawesi Selatan yang sangat menarik dan tidak boleh anda lewatkan.

2. KEBUDAYAAN SUKU NIAS


Suku nias adalah suku yang mendiami pulau nias, kebudayaan yang sangat unik dan menarik bagi wisatawan adalah tradisi lompat batu yang diberlakukan bagi pemuda nias yang sudah dewasa.

H.     WISATA RELIGI

Inilah alternatif wisata religi bagi anda

1. ZIARAH MAKAM WALI SONGO


Lokasi Makam-Makam Wali Songo
1. Maulana Malik Ibrahim
Lokasi :
Makamnya kini terdapat di desa Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur.
Latar Belakang Sejarah :
Maulana Malik Ibrahim juga disebut sebagai Sunan Gresik, atau terkadang Syekh Maghribi dan Makdum Ibrahim As-Samarqandy. Maulana Malik Ibrahim diperkirakan lahir di Samarkand di Asia Tengah, pada paruh awal abad ke-14. Babad Tanah Jawi versi Meinsma menyebutnya Asmarakandi, mengikuti pengucapan lidah Jawa terhadap As-Samarqandy, berubah menjadi Asmarakandi.Sebagian cerita rakyat, ada pula yang menyebutnya dengan panggilan Kakek Bantal.Maulana Malik Ibrahim adalah wali pertama yang membawakan Islam di tanah Jawa. Maulana Malik Ibrahim juga mengajarkan cara-cara baru bercocok tanam. Ia banyak merangkul rakyat kebanyakan, yaitu golongan yang tersisihkan dalam masyarakat Jawa di akhir kekuasaan Majapahit. Misinya ialah mencari tempat di hati masyarakat sekitar yang ketika itu tengah dilanda krisis ekonomi dan perang saudara. Pada tahun 1419, setelah selesai membangun dan menata pondokan tempat belajar agama di Leran, Maulana Malik Ibrahim wafat. Maulana Malik Ibrahim adalah sosok penyebar agama Islam di tanah Jawa dan merupakan wali tertua dari kesembilan wali. Di dalam kompleks makam ini terdapat makam – makam keluarga dan umum.
Deskripsi Bangunan :
Bangunan dari Makam Maulana Malik Ibrahin mempunyai kekhasan tersendiri, hal ini terlihat dari baha batu nisan dan gaya tulisan Arab. Batu Nisan terbuat dari marmer dengan gaya Gujarat.
2.Sunan Ampel atau Raden Rahmat
Lokasi :
Lokasi makam Sunan Ampel terletak didalam komplek masjid Jami Ampel di Surabaya
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Ampel bernama asli Raden Rahmat adalah putra Maulana Malik Ibrahim, Muballigh yang bertugas dakwah di Champa, dengan ibu putri Champa. Jadi, terdapat kemungkinan Sunan Ampel memiliki darah Uzbekistan dari ayahnya dan Champa dari ibunya. Sunan Ampel adalah tokoh utama penyebaran Islam di tanah Jawa, khususnya untuk Surabaya dan daerah-daerah sekitarnya.
Deskripsi Bangunan :
Didepan makam ada dua pintu gerbang besar bergaya Eropa. Makamnya terpisah dengan dari makam lainnya dan diberi pagar teralis dari besi setinggi 110 cm. Diarah kaki (bagian selatan) ada pintu yang dapat dibuka dan ditutup yang dilengkapi dengan kunci gembok. Jiratnya disusun empat tingkat dan nisannya bagian atas berbentuk seperti daun teratai. Pada sisi jiat bagian selatan dituliskan keterangan diri tentang Sunan Ampel dalam aksara Latin.
3.Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
Lokasi :
Lokasi Makam Sunan Bonang terletak di Bonang adalah desa di kecamatan Panyingkiran, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Bonang dilahirkan pada tahun 1465, dengan nama Raden Maulana Makdum Ibrahim. Dia adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Bonang adalah sebuah desa di kabupaten Jepara.
Sunan Bonang wafat pada tahun 1525 M, dan saat ini makam aslinya berada di Desa Bonang. Namun, yang sering diziarahi adalah makamnya di kota Tuban. Lokasi makam Sunan Bonang ada dua karena konon, saat beliau meninggal, kabar wafatnya beliau sampai pada seorang muridnya yang berasal dari Madura. Sang murid sangat mengagumi beliau sampai ingin membawa jenazah beliau ke Madura. Namun, murid tersebut tak dapat membawanya dan hanya dapat membawa kain kafan dan pakaian-pakaian beliau. Saat melewati Tuban, ada seorang murid Sunan Bonang yang berasal dari Tuban yang mendengar ada murid dari Madura yang membawa jenazah Sunan Bonang. Mereka memperebutkannya.

4.Sunan Drajat atau Raden Qasim
Lokasi :
Makam Sunan Drajat dapat ditempuh dari surabaya maupun Tuban lewat Jalan Dandeles ( Anyer – Panarukan ), namun bila lewat Lamongan dapat ditempuh 30 menit dengan kendaran pribadi.
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Drajat diperkirakan lahir pada tahun 1470. Nama kecilnya adalah Raden Qasim, kemudian mendapat gelar Raden Syarifudin. Dia adalah putra dari Sunan Ampel, dan bersaudara dengan Sunan Bonang.Ketika dewasa, Sunan Drajat mendirikan pesantren Dalem Duwur di desa Drajat, Paciran, Lamongan.
Sunan Drajat yang mempunyai nama kecil Syarifudin atau raden Qosim putra Sunan Ampel dan terkenal dengan kecerdasannya. Setelah menguasai pelajaran islam beliau menyebarkan agama islam didesa Drajat sebagai tanah perjikan dikecamatan paciran. Tempat ini deberikan oleh kerajaan Demak. ia diberi gelar sunan Mayang Madu oleh Raden Patah pada tahun saka 1442 atau 1520 masehi.

5.Sunan Kudus atau Jaffar Shadiq
Lokasi :
Jafar Shodiq atau Sunan Kudus dimakamkan di Masjid Menara Kudus yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Di samping puluhan makam di kawasan itu terdapat pula makam putra Sunan Kudus yaitu Pangeran Palembang. Makam Sunan Kudus sendiri terdapat di tengah-tengah bangunan induk berbentuk joglo.
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Kudus dilahirkan dengan nama Jaffar Shadiq. Dia adalah putra dari pasangan Sunan Ngudung, adalah panglima perang Kesultanan Demak Bintoro, dan Syarifah, adik dari Sunan Bonang. Sunan Kudus diperkirakan wafat pada tahun 1550.Sunan Kudus pernah menjabat sebagai panglima perang untuk Kesultanan Demak, dan dalam masa pemerintahan Sunan Prawoto, dia menjadi penasihat bagi Arya Penangsang. Selain sebagai panglima perang untuk Kesultanan Demak, Sunan Kudus juga menjabat sebagai hakim pengadilan bagi Kesultanan Demak.
Dalam melakukan dakwah penyebaran Islam di Kudus, Sunan Kudus menggunakan sapi sebagai sarana penarik masyarakat untuk datang untuk mendengarkan dakwahnya. Sunan Kudus juga membangun Menara Kudus yang merupakan gabungan kebudayaan Islam dan Hindu yang juga terdapat Masjid yang disebut Masjid Menara Kudus.Pada tahun 1530, Sunan Kudus mendirikan sebuah mesjid di desa Kerjasan, Kudus Kulon, yang kini terkenal dengan nama Masjid Agung Kudus dan masih bertahan hingga sekarang.
Sekarang Masjid Agung Kudus berada di alun-alun kota Kudus, Jawa Tengah.Peninggalan lain dari Sunan Kudus adalah permintaannya kepada masyarakat untuk tidak memotong hewan kurban sapi dalam perayaan Idul Adha untuk menghormati masyarakat penganut agama Hindu dengan mengganti kurban sapi dengan memotong kurban kerbau, pesan untuk memotong kurban kerbau ini masih banyak ditaati oleh masyarakat Kudus hingga saat ini.
6.Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin
Lokasi :
Beliau dimakamkan di desa Giri, Kebomas, Gresik.
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Ia lahir di Blambangan tahun 1442. Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden Ainul Yaqin dan Jaka Samudra.
7. Sunan Kalijaga atau Raden Said
Lokasi :
Ketika wafat, beliau dimakamkan di Desa Kadilangu, dekat kota Demak (Bintara). Makam ini hingga sekarang masih ramai diziarahi orang.
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Kalijaga diperkirakan lahir pada tahun 1450 dengan nama Raden Said. Dia adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur. Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman. Berdasarkan satu versi masyarakat Cirebon, nama Kalijaga berasal dari Desa Kalijaga di Cirebon. Pada saat Sunan Kalijaga berdiam di sana, dia sering berendam di sungai (kali), atau jaga kali. Dalam satu riwayat, Sunan Kalijaga disebutkan menikah dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishak, dan mempunyai 3 putra: R. Umar Said (Sunan Muria), Dewi Rakayuh dan Dewi Sofiah.
8.Sunan Muria atau Raden Umar Said
Lokasi :
Makam Sunan Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Ziarah ke makam Sunan Muria yang berjarak sekitar 30 kilometer arah utara dari KMMK (Kompleks Masjid Menara Kudus)
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Muria dilahirkan dengan nama Raden Umar Said atau Raden Said. Menurut beberapa riwayat, dia adalah putra dari Sunan Kalijaga yang menikah dengan Dewi Soejinah, putri Sunan Ngudung.Nama Sunan Muria sendiri diperkirakan berasal dari nama gunung (Gunung Muria), yang terletak di sebelah utara kota Kudus, Jawa Tengah, tempat dia dimakamkan.
9.Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah
Lokasi :
Kawasan Perziarahan makam Sunan Gunung Jati yang terletak di desa Astana kecamatan Cirebon Utara, sekitar 6 km dari Kota Cirebon yang di lintasi jalur Cirebon Indramayu. Kawasan ini telah di kenal luas,bahkan hingga ke mancanegara. kawasan ini potensial untuk di tingkatkan menjadi obyek wisata utama,dan tempat ziarah di Cirebon pada khususnya dan untuk pengunjung luar juga pada umumnya, di samping tetap melestarikan sebagai tempat peziarahan.
Latar Belakang Sejarah :
Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah putra Syarif Abdullah putra Nurul Alam putra Syekh Jamaluddin Akbar. Di titik ini (Syekh Jamaluddin Akbar Gujarat) bertemulah garis nasab Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati. Ibunda Sunan Gunung Jati adalah Nyai Rara Santang, seorang putri keturunan keraton Pajajaran, anak dari Sri Baduga Maharaja, atau dikenal juga sebagai Prabu Siliwangi dari perkawinannya dengan Nyai Subang Larang. Makam dari Nyai Rara Santang bisa kita temui di dalam klenteng di Pasar Bogor, berdekatan dengan pintu masuk Kebun Raya Bogor.

H.     WISATA KULINER

Indonesia adalah surga kuliner dunia, di sini terdapat ribuan jenis kuliner mulai dari makanan, minuman sampai jajanan tersedia lengkapa di Indonesia, dan berikut diantaranya

1. MAKANAN

1.1 RENDANG


Rendang adalah masakan khas padang yang memiliki citarasa sangat mengoda dan nikmat

1.2 KERAK TELOR


Kerak telor adalah masakan khas jakarta atau suku betawi, masakan ini memiliki rasa yang sangat nikmat

1.3 SOTO


Soto adalah masakan khas jawa yang terdiri dari bumbu bumbu rempah lengkap dengan daging ayam atau kambing didalamnya

1.4 RAWON


Rawon adalah masakan khas jawa yang terdiri dari bumbu rempah lengkap dan kluwak yang membuat masakan ini berbeda dari pada yang lainnya. didalamnya terdapat daging sapi dan pastinya rasa dan aromanya sangatlah nikmat dan sedap

1.5 RUJAK PETIS


Rujak adalah makanan khas jawa timur yang tediri dari sayuran seperti kangkung, timun dll atau sering disebut kulup yang membuat makanan ini nikmat adalah sambalnya yang sangat khas yaitu menggunakan petis, rasa dari makanan ini sangatlah nikmat dan menggoda

2. MINUMAN

2.1 ES OYEN


Es oyen adalah minuman khas jawa yang terdiri dari buah seperti apukat, durian, dan nagka serta muntiara yang diberi susu cair, sungguh minuman yang sangat menyegarkan

2.2 ES TELER


Es teler adalah minuman khas jawa yang terdiri dari nangka, apukat, durian, kolang kaling, cincau,  muntiara, santan dan diberi cairan gula jawa, ini adalah minuman yang sangat sempurna untuk dijadikan menu penyegar

2.3 KOLAK


Kolak adalah minuman khas Indonesia yang terdiri dari santan kolang kaling, gula kelapa, pisang, ketela dan bahan tambahan lainnya. Kolak biasa dihidangkan sebagai minuman berbuka puasa masyarakat Indonesia.

2.4 WEDANG RONDE


Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut. Minuman yang menggunakan bahan dasar jahe dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tenggorokan, mengatasi mual atau mabuk darat, meningkatkan stamina, dan memberikan kehangatan pada tubuh.

2.5 KOPI LUWAK


Kopi luwak adalah kopi asli Indonesia yang bersal dari kotoran luwak, kotoran ini berasal dari buah kopi yang dimakan luwak, karena bijina keras maka akan dikeluarkan lagi berupa biji yang utuh ( kotoran ), biji inilah yang nantinya akan diolah menjadi kopi. Kopi luwak merupakan kopi yang memiliki bau dan rasa yang khas, kekhasannya inilah yang akhirnya menjadikan kopi luwak sebagai kopi paling diminati oleh para pecinta kopi seluruh dunia. Karena banyak diburu pecinta kopi kini kopi luwak telah menjadi kopi termahal didunia dan mendapat julukan The Most Expensive Coffee In The World.

3. JAJANAN PASAR

3.1 CENIL


Cenil adalah jajanan pasar khas indonesia, makanan ini terbuat dari ketela. Yang menarik dari makanan ini adalah warnanya yang beragam

3.2  TALAM PISANG


Talam pisang adalah kue yang berisikan  pisang dan menjadi makanan ringan atau cemilan faforit keluarga indonesia

3.3 LUMPIA BASAH


Lumpia basah adalah makanan khas semarang yang menjadi jajanan faforit keluarga. biasanya lumpia berisi sayuran atau telur puyuh

3.4 ONDE – ONDE


Onde onde adalah kue yang berisi kacang tanah, kacang merah, dan kacang hijau dan ditaburi bijih wijen. jajanan ini menjadi cemilan faforit keluaraga

3.5 BIKA AMBON


Bika ambon adalah jajanan kue yang khas dan nikmat. makanan ini menjadi salah satu jajanan dan kue faforit keluarga.

 

SELAMAT BERWISATA DI INDONESIA……

zwani.com myspace graphic comments

2 Tanggapan to “DUNIA WISATA INDONESIA”

  1. ardhie Desember 1, 2010 pada 6:55 am #

    test

  2. yaya spadixofflo April 20, 2011 pada 6:41 am #

    i like it

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.